Oleh: pmiilumajang | Februari 7, 2008

PMII : Negosiasi Gagal, Perang Harga Mati

Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Jember, Jawa Timur, menyatakan, jika pemerintah gagal melakukan negosiasi dengan pemerintah Malaysia, maka tidak ada kata lain kecuali menyatakan perang sebagai harga mati.”Negosiasi atau Perang,” demikian teriak sejumlah aktifis PMII Jember, dalam aksinya di bundaran DPRD Jember, Selasa. Aksi para aktifis PMII Jember, yang dimulai sekitar pukul 10.30 WIB, dilakukan dengan menyebar brosur yang berisi tentang kasus sengketa Indonesia lawan Malaysia.

Selain itu, mereka juga melakukan orasi secara bergantian, yang mengecam Malaysia telah menggerogoti wilayah teritorial Indonesia dari Sabang sampai Merauke yang jelas-jelas mendapat legitimasi hukum.

Setelah orasi, mereka membacakan kalimat sumpah pemuda, sebagai bentuk untuk mempertahankan kedaulatan RI dan menolak segala bentuk intervensi dan penjajahan.

Teguh Wicaksono, koordinator aksi mengatakan, tindakan Malaysia memasuki wilayah teritorial Indonesia tanpa ijin, sangat melecehkan harga diri bangsa. Apalagi tindakan itu juga diwarnai penyiksaan terhadap penjaga menara mercusuar di perbatasan yakni dijemur dan dipukuli yang dinilai tidak berperikemanusiaan.

Sementara Malaysia mengajukan penyelesaian kasus ini dengan jalan diplomasi, membawa ke Mahkamah Internasional dan menggunakan arbitrase, yang menguntungkan Malaysia.

Selain itu, kata Teguh, Perdana Menteri Malaysia Abdullah Ahmad Badawi dituntut segera mencabut klaim kepemilikan atas Blok Ambalat yang nyata-nyata berada di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Untuk itu, PMII Jember mendesak pemerintah bersikap tegas dengan tetap mempertahankan kedaulatan NKRI, menolak intervensi dan invasi dari negara asing, serta menolak penyelesaian masalah melalui Mahkamah Internasional. “Bila semuanya itu tidak dapat dilakukan, tidak ada jalan lain kecuali perang sebagai harga mati,” tandasnya.(ant/mkf)

Sumber; NU Online,Selasa, 8 Maret 2005 13:45


Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Kategori

%d blogger menyukai ini: